Search: 

Mohon maaf keranjang belanjaan anda masih kosong

Subtotal: Rp0,00

Losartan Potassium 50 mg

Tulis pendapatmu tentang obat ini

Persediaan: Tersedia

Rp10.000,00

Detail

FARMAKOLOGI

LOSARTAN POTASSIUM adalah obat antihipertensi generasi pertama dari golongan nonpeptide angiotensin II (All) receptor antagonist. Obat ini secara kompetitif dan selektif mengikat subtipe 1 dari All (reseptorAT 1) sehingga menghambat efek fisiologis dari Ail. Metabolit aktif, E3174, mengikat reseptor AT1 dengan afinitas yang lebih besar 10 kali lipat daripada senyawa induknya, dan sekitar 15 sampai 20 kali lebih kuat dalam menghambat angiotensin II-induced, pressor dan respons kontraksi.

LOSARTAN POTASSIUM sediaan oral berada dalam bentuk aktif. Pada pasien dengan hipertensi, pemberian dengan dosis satu kali sehari mampu memberikan efek penurunan tekanan darah selama periode 24-jam tanpa mempengaruhi denyut jantung. LOSARTAN POTASSIUM dalam dosis 50 sampai 100 mg sehari sebagai monoterapi menurunkan tekanan darah diastolik (TDD) antara 8 sampai 13 mmHg pada pasien dengan hipertensi derajat ringan sampai sedang, dan memperlihatkan efektivitas yang sebanding dengan enalapril, atenolol atau felodipine lepas lambat. Penambahan diuretik thiazide terhadap LOSARTAN POTASSIUM meningkatkan efek penurunan tekanan darah yang lebih besar dibandingkan jika diberikan secara tunggal.

Bioavailabilitas LOSARTAN POTASSIUM oral adalah sekitar 33% yang mengindikasikan metabolisme lintas pertama yang cukup signifikan. LOSARTAN POTASSIUM dan metabolitnya, E3174 lebih dari 98% terikat dengan protein plasma. Waktu paruh eliminasi terminal dari E3174 sedikit lebih panjang dibandingkan LOSARTAN POTASSIUM (masing-masing 6 sampai 9 jam vs 2 jam). Profil farmakokinetik LOSARTAN POTASSIUM dan E3174 tidak terpengaruh oleh disfungsi ginjal yang dapat memberikan dampak secara klinis.

 

Penggunaan obat ini HARUS DENGAN RESEP DOKTER.

Informasi Pada Kemasan

Copyright Seluruh materi informasi (teks, foto, logo) yang ada di www.mandjur.co.id dilindungi undang-undang hak cipta.
BPOM No : GKL0808515209A1
Cara Pakai
  • Pada pasien dengan hipertensi esensial, dosis awal dan pemeliharaan yang direkomendasikan adalah 50 mg sekali sehari. Beberapa pasien mungkin membutuhkan dosis 100 mg sekali sehari. Untuk pasien dengan gangguan hati atau deplesi volume atau memiliki risiko hipotensi yang besar, direkomendasikan untuk diberikan dosis yang lebih rendah sejumlah 25 mg sekali sehari.
  • Tidak diperlukan penyesuaian dosis awal untuk pasien lanjut usia atau dengan penurunan fungsi ginjal, termasuk pasien yang menjalani dialisis. LOSARTAN POTASSIUM dan metabolitnya tidak dieliminasi oleh dialisis.
  • LOSARTAN POTASSIUM dapat diberikan dengan atau tanpa makanan.
  • LOSARTAN POTASSIUM dapat diberikan bersama dengan obat antihipertensi lainnya.
Khasiat LOSARTAN POTASSIUM diindikasikan untuk pengobatan hipertensi.
Kontra indikasi Pasien yang hipersensitif terhadap LOSARTAN POTASSIUM.
Perhatian
  • Hipotensi simtomatik. dapat teijadi pada pasien dengan deplesi volume intravaskuler sehingga LOSARTAN POTASSIUM sebaiknya dimulai dengan dosis rendah.
  • Pada pasien dengan gangguan fungsi ginjal dan lanjut usia, kadar kalium serum harus dipantau.
  • Pemberian pada pasien dengan disfungsi hati: konsentrasi plasma dari LOSARTAN POTASSIUM dan metabolitnya mungkin meningkat, oleh karenanya dosis LOSARTAN POTASSIUM harus disesuaikan.
  • Penggunaan selama kehamilan: LOSARTAN POTASSIUM tidak dianjurkan pada wanita hamil karena risiko morbiditas dan kematian dari janin dan neonatus.
  • Penggunaan pada ibu menyusui: tidak diketahui apakah LOSARTAN POTASSIUM diekskresikan dalam air susu ibu. Perlu diputuskan apakah akan menghentikan menyusui atau menghentikan obat, dengan mempertimbangkan manfaat obat bagi ibu.
  • Penggunaan pada anak-anak: keamanan dan efektivitas pada anak-anak belum diketehui.
Interaksi Obat

- Diuretik tipe thiazide : jika LOSARTAN POTASSIUM diberikan bersama-sama dengan diuretik tipe thiazide, terjadi efek aditif terhadap penurunan tekanan darah.
- LOSARTAN POTASSIUM sebaiknya tidak digunakan bersama dengan diuretik hemat kalium.

Efek Samping

Pusing, sakit kepala, astenia/kelelahan, batuk, diare, dispepsia, kram otot, mialgia, sakit punggung, nyeri kaki, insomnia, hidung tersumbat, infeksi saluran pernapasan atas, gangguan serius dan sinusitis. Efek samping ini, terkait atau tidaknya dengan pengobatan, terjadi setidaknya pada 1% pasien.

Komposisi

Tlap kaplet salut selaput mengandung:
Losartan potassium ............................................................................................ 50 mg

Cara Penyimpanan Simpan ditempat sejuk dan kering
Kemasan Strip Isi 10 Kaplet Salut Selaput
Diproduksi Oleh Hexpharm Jaya
Produksi Indonesia
Disclaimer Hasil dapat bervariasi antara individu tergantung berbagai faktor seperti usia, genetik, pola hidup, dan lain sebaginya

Pertanyaan Mengenai Obat

Bingung? Tanya Saja disini

Pertanyaan Anda

Review Pembeli

Ketikan Review Kamu

1 star 2 stars 3 stars 4 stars 5 stars

Obat yang Biasanya Dibeli Bersamaan

Pelanggan yang membeli obat ini juga biasa membeli kombinasi obat berikut

Pelanggan Yang Membeli Obat Ini Juga Membeli :