Search: 

Mohon maaf keranjang belanjaan anda masih kosong

Subtotal: Rp0,00

Metformin HCl 500 mg

Tulis pendapatmu tentang obat ini

Persediaan: Tersedia

Rp2.500,00

Detail

FARMAKOLOGI

Metformin adalah obat yang digunakan untuk menurunkan kadar gula darah yang meningkat pada penderita diabetes. Obat ini dapat digunakan sebagai obat tunggal atau dikombinasikan dengan obat penurun gula darah yang lain.

Metformin merupakan obat antidiabetik oral yang berbeda dari golongan sulfonilurea baik secara kimiawi maupun dalam cara bekeijanya. Obat ini merupakan suatu biguanida yang tersubsItusi rangkap yaitu Metformin (dimethylbiguanide) Hydrochloride.

Mekanisme kerja Metformin antara lain :

  • Metformin merupakan zat antihiperglikemik oral golongan biguanid. Mekanisme kerja Metformin menurunkan kadar gula darah dan tidak meningkatkan sekresi insulin.
  • Metformin tidak mengalami metabolisme di hati, diekskresikan dalam bentuk yang tidak berubah terutema dalam air kemih dan sejumlah kecil dalam tinja.

 

Penggunaan obat ini HARUS DENGAN RESEP DOKTER.

Informasi Pada Kemasan

Copyright Seluruh materi informasi (teks, foto, logo) yang ada di www.mandjur.co.id dilindungi undang-undang hak cipta.
BPOM No : GKL0608513117A1
Cara Pakai
  • Dosis awal 500 mg : 1 tablet 3 kali sehari.
  • Pemberian Metformin 500 mg dalam beberapa hari biasanya cukup dapat mengendalikan penyakit diabetes, tetapi tidak jarang efek terlambat dicapai sampai dua minggu. Apabila dosis yang diinginkan tidak tercapai, dosis dapat dinaikkan secara berhati-hati (maksimum 3 g sehari). Bila gejala diabetes telah dapat dikontrol, dosis dapat diturunkan.
  • Pada pengobatan kombinasi dengan Sulfonilurea, mula-mula diberikan 1 tablet Metformin 500 mg, dosis dinaikkan perlahan-lahan sampai diperoleh kontrol optimal. Dosis Sulfonilurea dapat dikurangi, pada beberapa pasien bahkan tidak perlu diberikan lagi. Pengobatan dapat dilanjutkan dengan metformin sebagai obat tunggal.
  • Apabila diberikan bersama insulin, dapat mengikuti petunjuk ini :
  • - Bila dosis insulin kurang dari 60 unit sehari, permulaan diberikan satu tablet Metformin 500 mg, kemudian dosis insulin dikurangi secara berangsur-angsur (4 unit setiap 2 - 4 hari). Dosis Metformin dapat ditambah setiap interval mingguan.
  • - Bila dosis insulin lebih dari 60 unit sehari, pemberian Metformin adakalanya menyebabkan penurunan kadar gula darah dengan cepat. Pasien yang demikian harus diobservasi dengan hati-hati selama 24 Jam pertama seteiah pemberian Metformin. Seteiah itu dapat diikuti petunjuk (a).
  • Tablet diberikan bersama makanan atau setelah makan. Dosis percobaan tunggal. Penentuan kadar gula darah setelah pemberian suatu dosis percobaan tunggal tidak memberikan petunjuk apakah seorang penderita diabetes akan memberikan respon terhadap Metformin berminggu-minggu. Oleh karena itu dosis percobaan tunggal tidak digunakan sebagai penilaian.
Khasiat
  • Untuk terapi pada pasien diabetes yang tidak tergantung insulin dan kelebihan berat badan dimana kadar gula tidak bisa dikontrol dengan diet saja.
  • Dapat dipakai sebagai obat tunggal atau dapat diberikan sebagai obat kombinasi dengan Sulfonilurea.
  • Untuk terapi tambahan pada penderita diabetes dengan ketergantungan terhadap insulin yang simptomnya sulit dikontrol.
Kontra indikasi
  • Koma diabetik dan ketoasidosis.
  • Gangguan fungsi ginjal yang serius, karena semua obat-obatan terutama dieksresi melalui ginjal.
  • Penyakit hati kronis, kegagalan jantung, miokardial infark, alkoholisme, keadaan penyakit kronik atau akut yang berkaitan dengan hipoksia jaringan. Keadaan yang berhubungan dengan laktat asidosis seperti syok, insufisiensi pulmonary, riwayat laktat asidosis, dan keadaan yang ditandai dengan hipoksemia.
  • Hipersensitif terhadap obat ini.
  • Kehamilan dan menyusui.
Interaksi Obat

• Kemungkinan terjadi interaksi antara Metformin dan antikoagulan tertentu. Dalam hal ini mungkin diperlukan penyesuaian dosis antikoagulan.
• Terjadi penurunan kliren ginjal Metformin pada penggunaan bersama dengan Simetidin, maka dosis harus dikurangi.

Komposisi

Tiap tablet salut selaput mengandung
Metformin HCI....................................................................................................500 mg

Cara Penyimpanan Simpan ditempat sejuk dan kering
Kemasan Strip Isi 10 Tablet Salut Selaput
Diproduksi Oleh PT Hexpharm Jaya
Produksi Indonesia
Disclaimer Hasil dapat bervariasi antara individu tergantung berbagai faktor seperti usia, genetik, pola hidup, dan lain sebaginya

Pertanyaan Mengenai Obat

Bingung? Tanya Saja disini

Pertanyaan Anda

Review Pembeli

Ketikan Review Kamu

1 star 2 stars 3 stars 4 stars 5 stars

UpSell Products

Obat yang Biasanya Dibeli Bersamaan

Pelanggan yang membeli obat ini juga biasa membeli kombinasi obat berikut

Pelanggan Yang Membeli Obat Ini Juga Membeli :