Skip to content
Gejala Rabies pada Manusia

Gejala Rabies pada Manusia

Rabies adalah penyakit menular yang disebabkan oleh virus rabies. Virus ini dapat menginfeksi sistem saraf pusat dan menyebabkan gejala yang serius dan berpotensi fatal jika tidak diobati dengan cepat. Penting untuk mengenali gejala rabies agar dapat segera mencari perawatan medis yang diperlukan. Dalam artikel ini, kita akan membahas beberapa gejala umum rabies pada manusia.

Gejala Awal:

  1. Gatal dan Sensasi Terbakar di Area Gigitan: Setelah paparan, gejala awal dapat termasuk rasa gatal atau sensasi terbakar di area tempat gigitan hewan terjadi.
  2. Sakit Kepala dan Demam: Gejala seperti sakit kepala, demam ringan, dan kelelahan dapat muncul dalam beberapa hari pertama setelah paparan.
  3. Gangguan Pernapasan: Gejala pernapasan seperti batuk, sulit bernapas, dan rasa sesak napas dapat terjadi pada tahap awal.

Gejala Progresif:

  1. Sakit Otot dan Kelemahan: Penderitanya mungkin mengalami nyeri otot dan kelemahan umum yang tidak biasa.
  2. Kecemasan dan Agitasi: Perubahan perilaku seperti kecemasan, agitasi, dan kebingungan dapat terjadi.
  3. Kekacauan Mental: Gejala ini bisa berkembang menjadi kebingungan, halusinasi, dan gangguan tidur.
  4. Kelumpuhan: Gejala neurologis seperti kesulitan berbicara, kelumpuhan, dan kejang-kejang dapat muncul.
  5. Fobia Cairan: Penderitanya mungkin mengalami fobia air dan merasa kesulitan menelan.

Tahap Paralisis dan Koma:

  1. Paralisis: Rabies dapat menyebabkan paralisis berangsur-angsur, dimulai dari area yang tergigit dan merambat ke seluruh tubuh.
  2. Koma dan Kematian: Rabies akhirnya dapat menyebabkan koma dan kematian dalam beberapa hari hingga beberapa minggu setelah munculnya gejala awal.

Pentingnya Perawatan Medis:

Jika Anda atau seseorang yang Anda kenal mengalami gigitan hewan yang diduga terinfeksi rabies atau mengalami gejala yang mencurigakan, segera mencari perawatan medis adalah kunci. Pengobatan awal dengan vaksin rabies dan imunoglobulin rabies dapat mencegah perkembangan penyakit yang fatal.

Kesimpulan:

Rabies adalah penyakit serius yang dapat berakibat fatal jika tidak diobati. Mengenali gejala awal dan mencari perawatan medis dengan cepat adalah langkah penting dalam melindungi diri Anda dari penyakit ini. Penting juga untuk menghindari kontak langsung dengan hewan liar atau berpotensi terinfeksi rabies dan memastikan vaksinasi hewan peliharaan Anda teratur untuk mencegah penularan.

Previous article Mengatasi Insomnia: Tips untuk Mendapatkan Tidur yang Berkualitas